Simulasi Fisika

Mempunyai berbagai alat lab. Fisika seperti yang terdapat di sekolah di kamar kita, kayaknya sulit sekali akan terealisasi. Buka masalah harganya, tetapi spasi ruang belajar yang tidak mungkin lagi. Lagian, malas juga membereskan alat-alat setelah menggunakan.

Beberapa aplikasi bisa kita gunakan untuk melakukan eksplorasi materi-materi fisika, tanpa perlu laboran untuk menyiapkan atau membereskan alat-alat. Kita gak perlu khawatir juga alatnya rusak juga melakukan sesuatu diluar kemampuan alat. Salah satu tool tersebut adalah Physics Simulation.

Nih ini dia tampilannya, lengkapkan!

clip_image002

Tinggal pilih mo eksplorasi tentang materi yang ada di benak kita. Misal kita mau eksplor tentang transformator. Tinggal klik pada transformer, dalam sekejap laboran akan siapkan simulasi yang diperlukan.

clip_image004

Disebelah kiri (wanted) tentukan variabel yang menjadi pertanyaan dibenak kita. Tentukan besaran variabel-variabelnya, lalu tekan calculate. Maka program pun akan menentukan hasilnya.

Tool ini juga menyajikan demonstrasi, misal demonstrasi tentang efek foto listrik yang alatnya sendiri dilab. Fisika tingkat SMA sulit untuk didapatkan.

clip_image006

0 komentar:



Posting Komentar