Posting Pertama

Setelah blog kita jadi, tibalah saatnya kita mengeluarkan isi kepala untuk berbagi ide atau gagasan kepada teman, atau informasi kepada siapapun yang kunjung ke blog kita.

Saat ini Blogger memberikan pilihan untuk mengedit teks, kita bisa lakukan sambil online, bisa juga offline dulu. Ada banyak pilihan sebenarnya bila kita mo buat psoting offline dahulu.

Cara paling sederhana kita bisa lakukan di Notepad atau wordpad, kita simpan bila kita terkoneksi internet baru dilakukan copy-paste di editor posting blogspot. Sederhana sekali. Kita bisa juga menggunakan Microsoft Word yang sudah dilengkapi dengan plug in dari blogger, bagus sekali yang ini. Silakan coba sendiri.

Cara lain yang sangat menarik adalah dengan menggunakan Widows Live Writer, wah kalau yang ini dijamin deh puas bengets. Kita bisa posting ke berbagai blog begitu terkoneksi internet.

Kalau kita punya koneksi yang gratis sich, gak apa-apa selalu terkoneksi, tetapi bila untuk koneksi internet masih terpikirkan “biaya selanjutnya “, maka mengedit dengan Microsoft Word mungkin pilihan yang bijaksana. Lain dari itu, dengan menggunakan Windows Live memang menyediakan fitur yang cukup menarik.

Ok, kita lanjutkan.

Jika kita belum login, login dulu ke blogger, dan masukkan nama pengguna dan sandi yang telah dibuat sebelumnya. Beri tanda cek saja pada ingat saya, jika komputer itu milik kita sendiri. Klik tombol masuk, untuk menuju dashbor.

clip_image002

Pada dashbor pilih entri baru jika akan melakukan posting baru, atau bisa juga pilih edit entri untuk melakukan pengubahan pada entri sebelumnya, baik yang sudah diterbitkan atau masih disimpan. Maka kitapun akan dibawa ke editor posting blogger.

clip_image004

Maka kitapun akan dibawa ke editor posting blogger.

Antarmuka editor teks blogspot sebenarnya seperti pada Ms Word, jadi kita bisa tambahkan gambar, video, efek tebal, efek warna dan sebagainya. Meski tidak selengkap pada pengolah kata Word tentunya. Ketikkan saja judul posting di kolom judul.

Di atas badan naskah terdapat ikon-ikon dengan fungsi yang mungkin sudah bisa Anda tebak.

 

Ikon

Fungsi

imagememilih font sesuai yang dikehendaki
imagemengatur ukuran font
imageEfek cetak tebal
imageEfek cetak miring
image Membuat link yang mengantarkan pembaca ke halaman yang dimaksud
image Membuat perataan teks, kiri, tengah, kanan atau rata kanan-kiri.
image Membuat daftar bernomor atau tanpa nomor.
image Membuat kutipan, dengan ikon ini tulisan akan menjorok ke dalam.
image Cek spelling
image Memasukkan gambar ke posting
image Menyisipkan video ke posting kita
image Melakukan penghapusan.

 

clip_image006

Bila teks yang dimaksudkan sudah selesai kita bisa simpan, atau langsung diterbitkan. Bisa juga kita beri label dahulu.

clip_image008

Jika kita memilih SIMPAN SEKARANG, maka teks yang barusan kita ketik belum bisa dibaca orang lain, tetapi jika kita pilih terbitkan sekarang, maka posting kita akan bisa dibaca orang lain, dan pembaca-pun bisa memberi tanggapan. Jadi pilih mana?

Setelah diterbitkan kira2 tampilannya kayak yang ini:

clip_image010

0 komentar:



Posting Komentar