Mengatasi masalah saat ganti template

Sejumlah template yang ditawarkan penyedia template blogspot saat ini memang sangat menarikn, apalagi sebagian dari mereka juga tidak memungut biaya, alias gratis. Sayangnya saat kita coba upload templet .xml tersebut tidak selamanya berjalan lancar. Bahkan mungkin Anda lebih sering mendapatkan pesan error atau galat saat mencoba upload. ya or nggak!?

Trik yang saya tawarkan kali ini memang tidak akan 100% mengatasi pesan error tersebut dan menjadikan tampilan template sempurnya seperti yang ditawarkan penyedia. Tetepi Anda pantas mencobanya jika suatu saat mendapatkan pesan error, dan lihat hasilnya pasti menakjubkan, he hee heeee.

Langkah mengganti template xml dan mengatasi masalahnya, cara ringkasnya berikut:

  1. Jika belum login, login dulu ke blog Anda. Selanjutnya pilih tata letak, edit HTML dan klik browse untuk mengarahkan template file xml dari template yang kita kehendaki berada. Klik upload (unggah) jika sudah didapat.
  2. Nggak ada masalah, selamat!!!. 
  3. Tetapi bila ada masalah (galat) seperti screen shoot di berikut jangan panik.
    Lakukan langkah-langkah berikut:
    image

 

  • Buka folder tempat file templat disimpan. Klik dengan tombol kanan mouse pada file template xml yang kita pilih sebelumnya, dan pilih NotePad atau wordpad untuk melakukan pengeditan.
  • Pada editor yang kita pilih (sebelumnya) tekan kombinasi tombol Ctrl+F untuk melakukan pencarian dan ketikan widget id.
  • Ganti id widget tersebut dengan angka yang berbeda dengan yang tertera, misal: widget id='Profile1' ganti dengan widget id='Profile11', demikian seterusnya hingga semua widget id berubah.
  • Simpan perubahan yang dilakukan, dengan save. Lakukan upload kembali untuk template hasil editan Anda. Gimana, beres khan!

0 komentar:



Posting Komentar