Buat Akun Blog

Ada banyak web penyedia layanan blog (weblog), beberapa diantaranya gratis ada wordpress, multiply, blog, serendipity de es be. Tetapi yang sangat populer, menurut diri saya sendiri, adalah blogger. Keunggulan blogger diantaranya adalah blog ini milik Google, sehingga blog yang ada didalamnya dimasukkan dalam server Google. Keunggulan lain adalah mudahnya menambah berbagai elemen ke blog yang telah dibuat, misal peta, kalender, translator, sistem periodik, de el el.

Jadi kita mulai saja ajang bikin blog ini.

Untuk memulai, bukalah halaman situs www.blogger.com, lalu buatlah account. Tersedia 3 langkah mudah untuk bikin blog.

Œ Klik tombol “Ciptakan blog Anda” untuk membuat account baru. Bagi yang sudah memiliki email dari Google (gmail) login dulu ke google, tetapi bila email selain dari gmail isilah data-data yang disediakan.

clip_image002

Screen shoot berikut menunjukkan langkah membuat account dengan email dari Google (gmail).

clip_image004

Jika belum masuk ke gmail (akun email bukan dari google), maka akan disodorkan kotak dialog seperti berikut. Isi kotak dialog tersebut dengan mengikuti langkah-langkahnya.

clip_image006

Isikan pada kolom isian alamat email dengan alamat email yang aktif, bisa dari yahoo, telkom, hotpop atau yang lain. Masukkan juga sandi untuk masuk ke blog (login). Isilah nama tampilan untuk menandai posting kita, bila sudah masukkan verifikasi kata dan beri cek pada “persyaratan dan layanan”.

� Tentukan nama blog yang dikehendaki, dengan mengisi pada Judul Blog. Tentukan juga alamat blog (URL). Khusus alamat blog usahakan untuk mengecek ketersediaan dengan mengklik “cek ketersediaan”. Jika tersedia, yach syukurlah, bila tidak Anda bisa terima alamat yang disarankan Blogger atau atau Anda bikin sendiri. Kemudian isikan pada kotak verifikasi kata.

Klik tombol “LANJUTKAN” jika sudah sesuai.

clip_image008

Ž Pilih template yang disediakan, terdapat 12 template. Tetapi, nanti Anda bisa saja memilih template dari pihak ketiga, setelah 3 langkah bikin akun terlalui. Klik tombol “LANJUTKAN”.

clip_image010

Jika tiga langkah tersebut terlalui, maka terciptalah sebuah blog untuk Anda.

clip_image012

Selamat!!! Klik tombol Mulai Blogging, untuk melanjutkan.

0 komentar:



Posting Komentar